Antara SF dan Jakarta – Part 1

Pastinya banyak banget yang bilang kalo hidup di Amrik beda banget sama hidup di Indo, tapi apakah iya?  Ayo disimak yah….

Pengamen

Di SF rata-rata orang selalu naik public transportation, terutama buat kerja. Emang kadang suka banyak masalah mesin tapi masih jauh lebih asik daripada nyetir karena parkir dan bensin ajubileh muahal. Begitu kita keluar dari BART station (subway station), biasanya banyak pengamen di tiap pojok. Pengamen ini rata-rata udah ada CD rekamannya jadi dijual $10/CD. Terus buat musiknya, ada macem-macem. Mulai dari gitar, gitar + suling, alat musik Chinese, sampe violin juga ada. Kadang malah bisa ada orchestra, kaya tadi pagi ada quartet. Lagunya enak-enak banget. Serunya kalo lagi mau natalan, banyak yang suka main saxophone atau trompet di pojokan jalan, terus kadang ada juga yang acapella (Christmas Carolling), asik banget.

Pengemis

Homeless, istilah kerennya. Biasanya mangkal di depan toko kecil atau lampu merah (tapi ga jalan-jalan, cuma di pojokan aje). Nah mereka tuh kadang keren lho, sambil denger musik, malah yang terakhir gua liat bisa BB-an dulu plus cari kata-kata mutiara buat ditulis di papan minta-mintanya. Elite kan tuh?

Kadang gua juga suka bingung campur sedih campur kasihan kalo liat ibu-ibu ngemis bawa anaknya. Gua akuin day care mahal dan dia mungkin susah buat ninggalin anaknya sementara dia kerja, tapi kan bukan berarti dia harus ngemis juga. Duduk ngedeprok atau bawa papan yang tulisannya we are starving. Pernah sekali gua liat bapak tua dah 50an berdiri di lampu merah bawa papan yang bertuliskan i just got laid off and need a job. I have a 9yo son. Yah masih bisa dipercaya, paling ga dia ga ngemis.

Kalo dah ngeliat itu jadi bersyukur kalo gua masih bisa kerja. Biarpun tiap hari harus berkecamuk dalam hati karena emosi boss gua yang meletup-letup dan ga jelas maunya apa.

Orang gila

Beneran! Disini ada orang gila, asal muasalnya yah mungkin gara-gara stress kerja terus kabur dari rumah. Bedanya, kalo orgil di Indo ada yang suka bugil, disini masih pake baju. Dingin bo! Bisa kerokan dia. Cuma kadang gua suka kesaruh sama orang yang penampilannya perlente terus suka komat kamit sendiri, pas dideketin, eh ternyata dia pake bluetooth, hihihi. Maklumlah, orang gila tahap dini biasanya bajunya masih bersih, tapi baunya itulho…ga nahan dah.

Tukang bobol

Nah ini juga ada nih. Seperti di pelem-pelem, kadang mereka curi mobil buat dibawa kabur atau ribut antar gang. Kemaren ini temen gua juga kena. Mobilnya dicuri, pas ketemu dah di pasar loak dan ancur ditabrak sana sini, plus CD-nya dah dicongkel terus ada bekas tembakan di bagian kaca. Kalo maling yang simple, sebenernya yang dicolong tuh rata-rata cuma jaket dan text books, paling banter yah laptop. Kenapa jaket? Karena dingin. Kenapa text books? Buku sekolah disini emang mahal banget, pas gua dulu harganya minimal sekitar $500/ semester, belon kalo ada bahan-bahan design lainnya. Jadi di mobil, pasti kebanyakan ga diisi apa-apa.

Go Green!

Orang-orang di SF ini pada green-minded banget. Sekarang ini, tiap belanja udah ga ada kantong plastik, termasuk di supermarket Chinese. Kalo mau, kudu bayar. Padahal itu kantong sangat berharga buat buang sampah lho. Kemaren ini gua beli popcorn chicken di Quickly, eh kalo mau kantong kudu bayar $.20. Aih aih, nyebelin aje. Terus, orang-orang disini pada hidup sehat. Jangankan bule, yang Indo juga sama. Pas dulu gua sempet pengen bikin rainbow cake terus kan dibawa ke gereja biar dimakan sama-sama, maksudnya berbagi pewarna, hehehe. Sayangnya, ide gua langsung ditolak mentah-mentah. Terlalu g*li sama pewarnanya, katanya. Kalo mau, pake pewarna alami jadi dari buah gitu. Welehhhh. Tapi emang sih, tempat makan yang selalu rame di area kantor tuh yang berbau organic salad. Mereka rela banget antri panjang, dah gitu mahallll.

Soal gaji

Yah ini mah relatif yah, tapi kerjaan yang berhubungan dengan jiwa seseorang amat sangat dihargai di sini. Jadi kaya pemadam kebakaran, supir ambulance itu gajinya besar. Ga cuma itu, supir bis juga gede gajinya, bahkan lebih besar dari orang kerja kantoran yang baru lulus dengan gelar S1 (gaji supir bis sekitar $65-70k/ tahun dan itu lagi masa training). Polisi yang mangkal di BART (subway) aja (bukan polisi pemerintah) gaji awalnya dah $120k lho. Ini gua tau karena iklannya gede banget. Gua aja sampe ngecez. Jadi gimana? Mau hijrah kesini aja? Hihihi. Oh iya, omong-omong polisi, polwan disini ga ada yang pake rok. Semua seragamnya sama antara ce dan co.

Si tukang pura-pura 

Yang ini kejadiannya masih fresh dan pertama kali kita rasain. Jadi pas sabtu kemaren ini, jam 11 kita cabut dari rumah, mau ke tempat mama gua. Begitu keluar area tempat kita tuh ada stop sign. Nah, kita kan mau belok ke kanan, jadi Fritz stop terus nengok ke kiri, tapi yang namanya mobil stop yah ga sampe stop langsung (kaya rem mendadak), cuma memang udah stop. Disini kan kalo stop sign harus berenti 3 detik, tapi biasanya kita clingak clinguk kanan kiri, kalo kosong yah langsung jalan lagi. Nah, ada cowoq bertato umur 20an naik sepeda lewat. Dia kan harusnya dah liat ada mobil mau lewat (di pengkolan itu ga ada mobil parkir atau pohon yang bikin dia ga liat). Eh, dia kaya cuek aja gitu, sedangkan Fritz lagi liat kiri, jadi dia kaya sengaja. Terus pas si Fritz mau jalan, dia kaya pura-pura ketabrak dan jatuhin diri. Amit-amit dah itu orang soalnya gua liat dia dari nyelonong terus gua spontan bilang, eh stop stop. Apa mau dikata. Itu orang langsung teriak Help. Call the police. I am injured. Terus dia bilang kalo Fritz ga stop, spontan gua teriakkin balik kalo dia stop. Yah bingunglah mo telp polisi mana, lah dia cuma pura-pura tapi kita ga ada bukti atau saksi.

Akhirnya Fritz bilang selesaiin di situ aja. Dia minta $100, sapa yang bawa cash coba. Fritz bilang dia cuma ada $30 dan gua ada $10, jadi total $40. Terus dia masih ngoceh kalo dia luka dan sepedanya rusak, dan suruh telp polisi. Fritz dah BT, dia bilang ya udah panggil polisi sekarang. Eh digertak sambel gitu, itu orang bilang ya udah deh $40 aja. Terus dia ngeloyor naik sepeda. Boro-boro keseleo, lecet aja kaga.

Di kala sakit

Jadi ada temen mama gua yang tiba-tiba pingsan di rumahnya. Dia dah umur 73, tapi kemana-mana masih sendiri dan fisiknya kuat banget, kadang aja belanja grocery naik bis sendirian. Kemaren ini, temen-temennya telpon tapi dia ga angkat, jadi dipikir lagi pergi. Emang dia suka ga angkat telpon kalo pergi-pergi. Cuma kan penasaran yah, koq dah beberapa hari ga telpon balik, bahkan anak cucunya telpon juga ga dibales. Akhirnya minta manager apartment buat bukain pintu dan ketemulah si tante dah di lantai. Kira-kira dah pingsan 3 hari gitu.

Sabtu kemaren, gua jenguk bareng mama gua terus kita langsung ke ICU, tempat dia dirawat. Mama gua bilang kamarnya suka ganti-ganti, ternyata karena dia masih belon sadar jadi tiap hari di-cek dari bagian otak, kanker, dll. Makanya pindah-pindah tempat. Tempat ICU disini beda sama Indo (ini berdasarkan ingatan gua doank). Setau gua, ICU di Indo itu sangat terbatas jam besuknya dan kadang kita cuma bisa liat dari kaca doank. Cuma orang tertentu yang bisa masuk. Nah disini bebas, kecuali jam 10pm – 7am karena itu jam istirahat. Tapi selain itu, kita bebas dateng kapan aja dan langsung masuk kamar pasien (ga usah lapor dll). Dah lama gua ga ka hospital, terakhir rasanya waktu nengokin Esther-Arman pas Emma lahiran. Nah kemaren ini gua pertama kalinya ke ruang ICU disini, keren bener, hihihi. Si tante masih pingsan dan belon sadar, dah 2 mingguan rasanya, jadi pas gua disana, gua clingak clinguk di kamarnya dan berdecak kagum, hahaha. Norak abis dah. Yang gua tau, data pasien emang biasa ditaro di ujung ranjang tapi pake clip board. Tapi pas kemaren ini, datanya udah dicomputerized di ranjang langsung, terus pas kebetulan dia lagi mau dibawa buat x-ray otaknya jadi harus dibawa keluar. Nah, otomatis gua ngeliat cara mereka bawa ranjang dan infusnya. Infusnya bukan model gantungan yang biasa digeret-geret. Harusnya gua foto aja sekalian yah, hahaha.

Pas menuju ke parkiran, gua juga sempet liat helikopter yang baru mau pergi. Entah itu cuma lagi pemanasan atau mau jemput pasien, tapi mereka lagi stand by gitu di atap rumah sakit. Kaya di pelem-pelem ceritanya. Tapi yang bikin gua heboh dan norak bukan cuma itu doank, karena biaya rum-kit si tante ini ditanggung sama pemerintah, sedangkan itu rumah sakit swasta lho dan yang namanya ICU dan pemeriksaan dalam setiap hari itu kan ga murah biayanya.

30 thoughts on “Antara SF dan Jakarta – Part 1

  1. yang kantong plastic mesti bayar itu udah di seluruh SF ya lin? disini baru di santa monica. emang payah ya, kan kita perlu buat sampah. huahaha. gak go green banget. 😛

    yang pura2 nabrak itu nyebelin banget ya!!! 😦

    • Iya, di SF sama Alameda County. Tapi mulai Fall atau tahun depan mulai ke Contra Costa County (daerah Napa gitu). Kalo yang San Jose ga tau deh dari kapan. Temen2 gua pada nyari kantong kresek yang dari Indo, hehehhe.

      Iya Man, nyebelin banget deh tuh.

  2. lin, itu gajinya per tahun kan ya, bukan per bulan? gua sampe itungin dulu berkali2 haha..
    kesempatan banget orang yang pura2 lecet itu huh.. ternyata orang model begitu dimana2 ada ya.
    kantong kresek disini sih masih banyak banget beredar, gua selalu simpenin buat sampah, emang gak go green tapi kalo gak ada kantong sampah ribet juga ya..

  3. kasian banget si tante itu pingsan 3 hari baru diketemukan yah 😦 moga2 si tante cepet sadar. amin.

    ih ternyata di mana2 sama saja ada penjahat tukang pura2 gitu yah. kirain di jakarta doang yang ada tuh orang yg pura2 tabrakin diri ke mobil.

    baca cerita lu tentang rs, jadi inget film ER/grey’s anatomy deh.

  4. pengamen disini… cuma pake botol air mineral kosong diisi pasir juga jadi tuh ngamen hahahahahaha…
    ada 1 orang setengah stress suka ngamen di kantor gua yang dulu. begitu nongol, cuma ngomong: selamat pagi, selamat pagi, selamat pagi… kayak beo.
    dari dikasih uang sampe bosen ga dikasih2. terus kita bilang, lu kalo mau ngamen, nyanyi atuh. masa kayak beo begitu.
    besok2nya dia bener2 nyanyi tapi semua lagu2 jingle iklan di TV hahaha…

    kalo pengemis di deket rumah gua ada tuh lin. dia duduk aja dipojokan bawa papan tulisannya butuh dana mau pulang kampung kemana gitu. tapi gua pernah dapet pengemis. tapi dari semuanya, ga ada yang segila pengemis via SMS yang gua terima di tahun 2008 hihihi… —> http://th3sea.wordpress.com/2008/12/03/what-d-fck/

    si tukang pura2 juga… di sini banyak kayaknya lin. pura2 tabrakin diri terus meres. apalagi polisi di sini ya begitu… mobil tabrak orang, biar orang yang salah, tetep aja mobil yang salah. waspadalah…. waspadalah!

    tenang ya kalo sakit terus ditanggung pemerintah begitu. di sini sih, si jokowi baru mulai tuh bikin kartu jakarta sehat. cuma yaaaaa nelum apa2, RS udah complain karena ga sanggup tanganin banyaknya orang yang mau berobat (dengan gratis).

    • Whoaaaa itu pengamen kreatip, Des. Jarang tuh yang kaya gitu, hehehe.Betul betul, kalo urusan sama polisi mah biasanya siapa yang berduit, situ yang keluarin dana, hehehe.

  5. Wow gue takjub sama orang2 yang makanannya bisa sehat gitu lin :)) kayaknya gua mesti tinggal disana nih biar ketular hidup sehat nya hahahaha. btw si tante kasian amat uda pingsan 3 hari baru diketemuin, gue juga akhir2 ini suka parno jadinya kl ninggalin orang tua sendirian di rumah 😦

  6. Yang pura pura nabrak sih males banget loh! mirip sama motor2 di indo yang aji mumpung..
    btw, kenapa lu ga tinggalin aja? kan lu ga nubruk ini?

    • Ga bisa El soalnya takut dia catet plat mobilnya, jadi nti urusannya makin rese, apalagi kalo dia tiba2 gebukin dirinya jadi sekalian bilang kita yang nabrak. Wuih, paling bt deh.

  7. halo, salam kenal 🙂
    pengamen disana koq kayaknya keren banget ya… elit banget bisa bikin album segala hehehehe… kalo di indo mah pengamennya serem2, apalagi kalo di bis2 tuh… ga jelas nyanyi apa hahahaha…

  8. gue juga ga berani makan rainbow cake banyak2 lin. ngeri liat pewarnanya. mending pewarna dari bahan makanan ya. tapi disini kok laku keras ya. hahaha..

    ga kebayang kalo di indo ga bisa pake kantong plastik pas belanja. sekarng aja abis belanja, dorong pake trolley. kalo pegang pake tangan, gempor dah.

    eh itu yang pura2, ada juga ya disono. ahahahahh…kirain cuma di indo doang

  9. ihhhh itu org yg pura2 nyebelin bgt!! biarin aja ntar ketabrak beneran dia!!! Dan yg nabrak ngelariin diri, bayar deh tuh pake $40 dr hasil cipetan ke elo da! sebel gue bacanya jg! *jd emosi dah!* hehe.

    Gue jg loh da, ga kepengen nyobain rainbow cake ato nyoba bikin, biarkata lg in ntu kue. Abis gue pikir itu rainbow cake ya cuma mkn pewarna doang, kagak ada rasa uniknya. kalo kyk kue coklat kan brasa coklat. ato red velvet jg pk pewarnanya sedikit krn uda ada campuran cocoanya.

    Postingan elo yg ttg gaji tuh baruuu aja gue mo posting jg da. Emang ya da, di sini nih ga jamin jg yah kl kerja kantoran itu gaji lbh tinggi dr org2 kerja kasar itu (blue collar). Kyk orang yg ngoperasiin mesin yg ada garpu gedenya itu gue dgr2 gajinya $100/jam!!! Halahhh mau juga gue suruh si T pindah kerja da…hahahha. Gue pernah nanya temen gue yg lakinya VP, kalo kerjaan akunting (bukan akuntan ya) plus admin gitu gajinya brp, kata temen gue paling antara $1500-$2000! Alamakjangggg…..mending gue jd bu RT aja dahhh….hahahaha. Bener ga da akunting gitu gajinya segitu?

    • Ember Bel, si Fritz aja tiap kali di pengkolan dah misuh2 dulu hahaha, terus males ketemu itu orang lagi. Kalo akunting, daku kurang tau, mungkin yang di company biasa kali yah. Disini sekitar $15-an/ jam rasanya tapi itu di kantor kecil yang orang2nya paling 15 orang dan bukan technology company (yang bikin apps atau software).

  10. Ealaahhhhhh yg tukang pura-pura itu juga ternyata ada toh di sana? Lebih tepatnya tukang meres sih. Next time kalo udah tau, kayaknya mending panggil polisi aja deh. Apalagi kalo lu yakin dianya gak kenapa2. Orang2 emang udah pada gila semua kalo nyari duit instant.

  11. wkwkwk yang tukang pura2 disini banyak banget juga lin… ditambahin ngerampok pula…
    dari dulu paling kagum sama pelayanan kesehatannya US, dan gajinya disana gak main2.. kalo disini mah orang2 yg malah melindungi nyawa orang lain kurang dihargai ya… makanya banyak korupsi…
    jadi guru kalo di sana juga gajinya gede kan lin… kalo disini ya ampun deh kesian banget guru2 honorer itu … 😦

    aduh daku kangeeennn sama SF…. kapaann bisa kesana lagi….

  12. Hi, salam kenal yah…
    Disini udah lama mulai ga pake kantong plastik kalo belanja, sekitar taon 2008 keknya. Kalo pun ada biasa dicharge 5cents, mahal juga ya disitu 20c, tapi kalo walmart ama asian groceries biasa masih gratis 😀

    Disitu biaya pengobatan udah ditanggung pemerintah ya? gimana kabarnya obama care jadi ga?

    • Hallo hallo, salam kenal juga. Disini belon ditanggung, itu cuma yang low income. Tapi salut banget, low income aja sampe masuk rumah sakit swasta lho, terus VIP class. Keren yah. Obama care belon tau nih, orang2 lagi heboh sama North Korea sekarang, hahahha.

  13. Elisa says:

    Pantes kemaren di kasir Sogo, ada bule tereak bajunya dimasukin ke plastik dulu br dimasukin ke kantong. Dia tanya bayar gak? Begitu dibilang kagak senyum2 deh orangnya wkwk.. Iya kalau ICU jam besuknya lbh ketat lagi krn kan intensive care, org2nya jg sakitnya berat2 dan sebisa mgkn gak keganggu org2 yg membesuk.

    • Hihihi, dah panik aja dia kalo disuruh bayar. Kadang disini juga ga dibilang bayar. Jadi cuma ditanya mau ditaro di plastik ga, udah gitu tiba2 nongol di strok belanja dah.

  14. gw juga sering tuh di sini liat orang komat kamit sendiri, pas disamperin tau nya lagi telpon. tapi ada juga yg beneran komat kamit sendiri alias gila. hahhahaa. padahal penampilannya ga kayak org gila loh, kadang pake baju kantor gitu. stress kali ya…

Leave a comment