Deg-Degan Itu….

Ketika nunggu biaya ER yang tak kunjung dateng.

Jadi pas masuk ataupun keluar hospital dari kejadian ini, gua emang ga bayar apa-apa karena bill-nya memang selalu dateng belakangan. Biasanya sebulan kemudian baru nongol. Mungkin nunggu keadaan jantung dah tenang kali ye. Tapi emang begitu prosesnya, jadi nanti hospital bakalan urusan sama insurance dulu, terus kita bayar sisanya dan itu bill yang dikirim ke rumah. Semuanya dah penasaran tanya abis berapa duit dan gua jadi makin parno antara kebat kebit dan penasaran, sampe akhirnya Jumat kemaren nongol juga surat cinta yang ditunggu-tunggu. Biasanya gua buka surat kalo dah sampe rumah biar kebukanya rapi; tapi kemaren ini berhubung udah ga sabar, gua buka langsung pas masih di mailbox. Totalnya…$1,600+ dan yang termahal adalah kamar di ER seharga $900. Ighhh, rugi tuh yah soalnya gua kan cuma tidur bentar doank. Mana ga dapet makan lagi, jadi cuma nonton doank. Itung-itung biaya sewa TV itumah. Untungnya aja ada insurance, jadi gua cuma perlu bayar $50 aja. Lega banget rasanya.

Ketika balik lagi ke dokter

2 minggu sesudah kejadian ER, gua kudu balik lagi ke dokter buat test lagi. Begitu masuk, gua dah bilang dulu kalo gua lagi deg-degan berat dan pas diukur, tekanan darah gua langsung di atas 140/gua lupa diastolic-nya berapa. Akhirnya gua disuruh maen-maen dulu di satu ruangan sampe akhirnya diukur lagi 5 menit kemudian dan hasilnya…normal! Whoaaaa seneng banget rasanyaaaa, langsung senyum sumringah. Bener-bener white coat hypertension neh dan mama gua juga seperti itu.

Ketika nunggu hasil lab

Sehari sesudah gua keluar dari ER, gua langsung dapet telpon dari dokter gua yang bilang kalo gua harus dateng buat konsultasi. Di ER sendiri memang udah diharuskan (bukan disarankan lagi) buat dateng ke dokter untuk cek, cuma gua sampe kagum aje…dokternya lebih dulu dari gua. Ke dokter sih bukan masalah karena dah termasuk insurance jadi gratis gitu, tapi si dokter sigap juga yah. Nah, dokter gua masih penasaran kenapa tekanan darah gua langsung naik mendadak sementara potassium gua drop gila-gilaan, akhirnya dia suruh gua adrenal gland test buat mastiin semuanya baik-baik aja. Saat ini, hasilnya belum keluar semua tapi ada satu yang hasilnya di bawah rata-rata dan bikin gua penasaran. Gua tanya ke dokter gua, tapi dia belon bisa ambil kesimpulan karena masih ada test yang belum keluar hasilnya. Moga-moga itu drop karena pengaruh obat aja karena gua baca kalo kelainan itu berujung ke tumor. Gua cerita ke Fritz dan dia cuma bilang, “ah jangan mikir yang aneh-aneh lah”, terus dia lanjut makan lagi, hihihi. Dia emang super cuek, bahkan waktu gua masuk ER-pun dia ga dateng (emang ga ada mobil sih, cuma tanya pulangnya masih lama, lol) dan cuma bilang kalo itu false alarm doank.

Oh iya, komunikasi antara gua dan dokter itu selalu lewat email. Jadi insurance disini ada macem-macem. Ada yang modelnya bebas cari dokter mana aja yang punya plan dari insurance itu atau insurance yang udah satu plek. Gua punya yang jadi satu jadi kalo ada emergency atau apalah, tinggal pergi aja ke hospitalnya; sementara yang satunya lagi – kita kudu cari hospital terdekat dan cek harga dulu. Itu kejadiannya waktu Fritz masuk ER jadi harus telp insurance-nya dulu dan tanya hospital mana yang bisa kirim ambulance. Ribet banget. Gua dulu juga pake itu tapi buntutnya jadi harus inget dan catet pernah ke dokter mana aja dan hasil annual check up-nya gimana, dll. Sementara yang sekarang ini udah jadi satu, jadi semuanya ada di database. Kalo ke dokter juga, dokter tinggal cek online dan datanya udah keluar semua. Begitu juga sama hasil lab test, semuanya udah dicatet disana, jadi gampang kalo mau cek. Terus kalo ada pertanyaan-pertanyaan, tinggal langsung telpon susternya aja, jadi kalo ga membayakan banget ga perlu ke ER. Ini sangat membantu kalo ada newborn atau anak kecil karena kan kadang kita ga tau kalo dia masuk angin kudu diapain, jadi tinggal telpon aje.

Ketika….

Ga kenapa-kenapa seh, cuma koq pola makan gua jadi aneh deh sekarang. Jadi demen banget makan sayur, buah, dan susu, sampe nolak daging, tapi kalo ikan sih ga pernah nolak apalagi sushi dan sashimi. Menu sehari-hari udah standard banget – cereal, yogurt (2 biji), pisang, terus salad (ini juga cuma olive oil vinaigrette). Dah kebayang tas gua penuh makanan tiap hari karena salad kan harus fresh yah. Yang lebih anehnya lagi (gua aja berasa aneh, lol) gua bisa suka banget sama strawberry padahal biasanya gua ga suka, sampe-sampe gua beli di Costco 1 kotak besar (4 pon) dan dimakan sendiri selama seminggu. Terus makan alpokat digadoin tapi ini sih ga sering. Minum susu juga jadi rajin banget – biasanya sekotak buat 10 hari dan itu juga Fritz lebih banyak minumnya, tapi sekarang seminggu abisin 2 kotak dan gua abisin kira-kira 1¹/3-nya. Ternyata, ER itu bawa dampak yang besar yah….

7 thoughts on “Deg-Degan Itu….

  1. emang asuransi itu kudu ada yah.. kalo gak ada asuransi bisa2 tensi lu naek lu abis liat tagihannya lin hihi..
    gua wondering abis baca ini, lu lagi isikah? biasa kan kalo lagi isi tekanan darah bisa naek

  2. Epi says:

    Gua jd ikut2an viol bertanya2 lin hahaha, bkn gara2 tekanan darah naek sih tp gara lu doyan susu wakakaka. Btw kok tekanan darah lu gampang bgt naiknya lin? Deg2an dikit lgs naik ya?

Leave a Reply

