Tempo Doeloe: ACI

Dah sebulanan terakhir ini, hampir setiap pagi dan malam, gua selalu dengerin radio GenFM atau JakFM. Asik aja gitulho, dengerin radio Indo dan jadi de javu ke suasana pagi-pagi di Indo jaman sekolah dulu. Bedanya, kalo pagi dengerin Prambors, sore dengerin Sonora, dan malam dengerin SK. Asik kan? Asik donk? Biasanya, kalo siang-siang lagi ngantuk, gua juga suka nonton ftv pake Youtube, biar ga bosen kerjanya. Cuma sayang, film-nya terbatas dan biasanya yang lama-lama. Tapi, mayan nonton juga acara lainnya kaya Termehek-mehek, Empat Mata, Bukan Empat Mata, OVJ, ataupun PAS Mantab.

Fritz kemaren ini sempet tanya kenapa gua demen banget dengerin siaran Indo. Asik aja kali yah, dan masih bisa nyambung kalo ngobrol sama orang-orang. Gua jadi teringat ke masa lalu. Dulu tuh, isi TV cuma ada 1 channel doank, yaitu TVRI yang jam-jam tertentu berubah jadi banyak semutnya atau warna warni karena ga ada acara. Terus, acara favorite film cuma si Unyil, Aneka Ria Safari, sama film akhir pekan, hehehhe. Tapi, itu jaman dulu banget. Gua aja cuma samar-samar ingetnya. Yang gua inget, ada lagu ACI – Aku Cinta Indonesia, yang kata-katanya, “Aku cinta, kamu cinta…Semua cinta…buatan Indonesia”. Terus kalo pas akhir pekan, film-film yang diputer juga super jadul. Jadi inget, tiap kali 30 September, pasti diputerin film G30SPKI – terus biasanya sekolah suka suruh nonton dan besok ada ulangan tentang itu. Dugh malesnya…. Eh, tapi TV jadul ga ada iklan yah, jadi semuanya nyambung terus acaranya.

Ga berapa lama, mulai deh channel TV pada jamuran. Awalnya ada RCTI, SCTV, terus lanjut ke Indosiar, dll. Film-filmnya makin menarik aje, dan ga ada abisnya. Tiap Kamis malam, pasti deh ngejogrok depan TV, nontonin Suzzanna…dan gua baru tau kalo dia dah meninggal, hehehhe. Film-film horror Indo kan amit-amit yah seremnya, bikin merinding, tapi juga ketagihan. Jadi, biarpun nontonnya sambil ditutupin bantal dan takut-takut, tapi penasaran juga buat nonton, hahaha. Buntutnya…jadi susah tidur dah karena takut sendiri, hehhee.

Selain TV, yang paling menarik: komik dan majalah. Ini juga ingatan samar-samar gua nih, tapi dulu pernah ada karakter namanya Mimin kan yah? Ciri-cirinya item gosong dengan bibir super tebel, hahaha…koq jadi mirip dakocan yah? Gua lupa ceritanya apaan, terus ada majalah AMI (Anak Manis Indonesia). Salah satu karakternya ada si Joni Ompong, hihihi. Culun amat yah namanya? Kalo Bobo mah masih asik-asik aja kali yah, tapi dulu sering banget karakter Bona dan Rongrong nongol di Bobo. Apa sekarang masih ada? Terakhir rasanya lebih banyak tentang Bobo, Coreng, sama Upik deh. Kalo untuk komik, dulu selalu bela-belain nabung buat beli komik Elek Media, atau bacaan kaya Tapak Sakti. Gua juga sempet tuh baca cerita silat kopingho, tapi cuma dikit doank sih. Gua suka koleksiin komik, namun sayang beribu sayang…waktu kesini, gua ga berhasil selundupin komik. Ck ck ck, koper gua dijaga ketat sama mama gua, sampe di hari terakhir gua dah bisa selundupin buku, eh ketahuan. Sekarang gua nyesel banget soalnya itu komik dibuang semua, dan salah satu komik kesukaan gua itu Pansy. Sekarang udah ga ada lagi dimana-mana. Untung aja masih ada novel yang bisa gua bawa sebagian, jadi mayan terhibur deh tuh biarpun bacaannya cuma itu-itu doank. Sempet bawa juga majalah Donal Bebek setumpuk karena itu gua taro di backpack.

Balik lagi ke pertanyaan Fritz – kan asik aja gitu bisa nyambung sama orang, biarpun mereka di Indo. Emang sih awalnya juga rada tulalit, apalagi kalo ngomongin artis atau model yang sekarang dah makin banyak aje. Cuma sedikit banyak, masih bisa nyambung koq, seperti Anang dan KD yang udah pisah, sampe KD punya anak dari Raul. Yang ada, gua malah tanya ke temen gua di Indo – kenapa KD dan Raul menikah 21 Maret 2011, tapi anaknya lahir 5 September 2011, hehehe. Temen gua aja kaga tau kalo mereka dah ada anak (waktu itu baru lahiran). Terus sekarang, banyak juga grup musik Indo yang makin berkembang, biarpun kalo dengerin lagu tempo doeloe tetep asik juga. Bahkan film-film jadul, pas jamannya Titik Puspa juga banyak yang menarik buat ditonton. Gua dulu nontonnya di TPI kalo lagi liburan, mereka suka banget muterin dangdutan, film India atau film jadul, hahahha. Jadi, wajar aja donk kalo gua masih suka dengerin radio Indo atau nonton film Indo secara gua ‘dibesarkan’ bersama dengan itu, dan tentunya…asik gila! Pastinya, thanks to internet, hehehhe.

Advertisements

22 thoughts on “Tempo Doeloe: ACI

  1. lebih mantap kalo sering buka detikcom,disitu lo akan update banget berita2 indo sekaligus artis2nya,kalo mau khusus seleb kapanlagi.com juga mantapp 🙂 btw salam kenall

  2. channel TV menjamur lin, bukan jamuran wakakaka. Kalo lo bilang channel tv jamuran, kok artinya jd berubah ya 😀 Komik Pansy, Candy2, sama MArie Chan tuh yang jaman dulu emang bagus2. Gue masi ada Pansy tp cuma beberapa seri doang, sisany ilang entah kemana.

    Lin, dikau ganti theme blog td gue kira salah masuk blog orang :))

  3. lin lu obrak abrik memory masa lalu dr TV radio sampe majalah
    berasa skrg g tua banget wahahahaa
    iya g jadi inget Bona n Rong2
    dulu suka juga sama Oki n Nirmala
    g skrg malah udah ga pernah dgr radio loh udah kebablasan Drama Korea . wahahaaa

  4. iya lah seru ngeliatin perkembangan di dunia tv indo.. namanya juga kita orang indo ya lin… 🙂

    dulu gua suka nyariin siarannya ceriwis di youtube. tapi belakangan udah jarang. esther yang kadang suka nyari acara infortainment di youtube. hahaha.

  5. g suka acara jadul yg ada gareng petruk itu lho! hahaha.. lupa namanya apaan yah! hehehe…
    sekarang di indo ada kompas tv, tar lagi ada google tv tuh! hahaha.. g sekarang nonton TV sabtu – minggu siang doank di rumah na Buled, sambil makan siang paling 1 jam-na habis itu depan kompi, klo pun nge utube paling warkop tuh penggalan pelem2 na lucu2 hahaha ^^

  6. Elisa says:

    Wah jadi ikut nostalgia nih. Kalau TV waktu masih TVRI keluarga gua seringnya sewa video bangsa the legend of the condor heroes, return of the condor heroes dsb dsb.

  7. ih kok komen gue kemaren ga masuk sih? bener2 deh inet kantor gue kebangetan leletnya.

    lin, lu kelahiran taon berapa sih? seri 70 atau 80?
    kok bisa2nya tontonan kita sama.
    gue jg sering bgt terngiang2 lagu ACI itu lho. dulu kan selalu gue tungguin.
    sama aneka ria safari, delta, unyil.
    pas ada rcti, tontonan wajib itu macgyver, a team. halah jadul bgt. wkwkwk

  8. Ah lindaaaa…bikin nostalgila ama jaman muda hahahaaaa….
    suka baca Nina ga?gw demen banget tuh…skrg gw lagi baca lagi Agen Polisi 212, pinjem spupu gw yang masih SD punya hahaha, soalnya diterbitin ulang.
    Kalo yang terbitan Elex, gw masih simpen 1 seri yang Panic.Entah Candy-Candy gw dimana skarang…

  9. hahaha nostalgia nih XD Dlu demen bgt nonton unyil, trus sedih kalo udah abis dan berganti ke tayangan gareng & petruk (gw ga demen nih, karena serem dan kejawa2an banget, dlu mikirnya gitu)

    klo radio, gw dengerin nya skrg prambors + genFM :)) Tapi juga pas pagi berangkat kantor aja hihihi

    Dlu gw langganan BOBO ama DOnald bebek juga loh tp karena skrg makin mahal (donald bebeknya) jadi gw stop langganan 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s