Ketigabelas

Apaan hayooooo? Akhirnya hari ini gua ngerayain 13 tahunnya gua disini. Lama yah? Gua aja ga sangka selama ini, padahal pas dateng gua selalu semangat bakalan balik liburan setelah 1 tahun, eh kenyataannya dah 13 tahun ga balik-balik.

Yang bikin kangen
Udah pasti makanannya – biar tinggal di luar negeri, teteplah makanan Indo paling enak, hahaha. Apalagi jajanan pinggir jalan – dugh, makin kotor makin maknyus rasanya. Gua dah kebayang nih, kalo sampe Indo (dan gua ga tepar), gua mau nikmatin ini semua

Ke pasar – kangen lho jalan-jalan ke pasar. Gara-gara dulu suka temenin mama gua shopping (cieee, gayanya…shopping, heheh), terus kalo abis belanja, kita beli makanan di pasar, eh sekarang gua jadi kangen deh. Biasanya kalo ke pasar, gua jalannya jauh-jauh dari area becek soalnya kan kalo becek, kotorannya bisa muncrat-muncrat sampe ke betis, terus susah bersihinnya karena ga ada air. Tapi katanya sekarang ada pasar bersih yah, jadi lebih jual sayur mayur dan yang ga berbau becek gitu.

Lagu gelang sipatu gelang – ini mah jadul banget yah, rasanya jaman gua masih SD. Tiap kali kalo supermarket mau tutup, pasti diputerin lagu ginian, hehehe. Sekarang udah ga ada lagi kali yah, ini juga kemaren tiba-tiba keinget sama lagu ini…ada yang masih inget ga?

Yang bikin takut
Todong dan jambret – gua sering banget denger cerita temen-temen gua yang ditodong atau dijambret, baik di kendaraan umum ataupun mobil pribadi pas di lampu merah. Apa Indo sekejam itukah? Gua jadi parno sendiri lho, tapi ada temen gua jalan-jalan pake hiasan emas kinclong sana sini koq aman-aman aja yah? Apa itu di daerah tertentu? Gua jadi inget, dulu pernah ditodong pas lagi naik bajaj. Ceritanya gua pergi bertiga sama temen gua ke Citra Land, mau beli buku pelajaran di Gramedia. Waktu itu kita baru masuk SMA 1, dan pas lagi lampu merah Grogol, tiba-tiba ada 1 co yang samperin dan langsung masuk bajaj terus minta dompet. Hiks, duit gua Rp100.000-an melayang, padahal itu uang buat beli buku, terus dompet juga baru dibeliin papa gua. Biarpun itu dompet murah meriah, tapi kan tetep membawa kenangan. Tadinya, gua dah ga rela ngasih lho, tapi temen gua nyenggol-nyenggol gitu, jadi kita semua bertiga kasih deh. Untunggggg aja, masih ada sisa duit di kantong buat ongkos bajaj. Kalo kaga, terpaksalah kita pinjem bajaj si abang buat narik penumpang sampe balik modal buat bayar si abang. Gua sampe ngerasa bersalah banget sama mama gua, abisnya ekonomi kan udah sekarat waktu itu, eh terus uangnya ludes gitu aja.

Yang bikin heboh
Belanja ke Mangdu – temen gua dah wanti-wanti buat mampir kesini, pusat bau keringat. Kalo dulu, gua suka ke Mangdu sama Pasar Baru sama temen-temen gua, dengan tujuan makan, hahah. Sekolah SMA gua asik banget, tiap hari pulang jam 12.30 siang, kecuali kalo ada eks-kul, palingan pulang jam 2 siang, jadi hari juga terasa masih panjang. Apalagi kalo Jumat sama Sabtu, udah pasti pulang jam 12.30 krena eks-kul cuma Senin – Kamis, dan itu juga ga tiap hari. So, kesempatan banget buat melancong dan ngemil, hehehe.

Yang ga terlalu dikangenin
Dangdut – ย hehehe, lagu dangdut sedikit mirip dengan lagu orang Mexico. Konon katanya, aslinya emang itu lagu Mexico yang diambil sama Indo, terus dibuat aransemen ulang dan jadilah dangdutz dutz dutz. Waktu masih di Indo, tiap liburan sekolah pasti dah terdengar lagu dangdut, entah dari area kamar pembantu atau di luaran sono soalnya kan banyak tukang yang betulin rumah sebelah/sebrang jalan, terus mereka kalo setel radio kenceng banget, sampe ikutan goyang juga. (eh maap, terlalu ngaku, hehehe). Tapi yah, pas udah disini, tiap kali ada drama singkat antar anak-anak Indo, hampir selalu lagu kopi dangdut dimainin, entah itu live atau lewat CD. Nah, keren kan…sapa tuh yang bawa CD-nya, hehhee.

Yang bikin deg-degan
Airport – nah ini juga bikin parno. Ada banyak cerita kalo di Soe-Ta, pas mendarat bakalan ada beberapa jalur, dan salah satunya jalur cepat tapi harus ada koneksi. Iyakah? Gua bener-bener ga ada gambaran lho buat yang satu ini. Terus juga, gua bener-bener gelap kalo mereka tanya hal ini dan itu, jawaban apa yang harus gua bales.

Banjir dan rusuh – dugh amit-amit aja yah, kalo sampe kejadian lagi. Waktu papa gua meninggal, mama gua hampir ga bisa kesini karena banjir besar. Waktu itu airnya bener-bener udah naik dan jalanan ketutup. Mau ke bandara aja susah banget, sampe harus naik truk lho. Untung aja masih bisa lewat soalnya kalo naik mobil biasa dah kelelep. Gua sih belon pernah ngalamin ini, tapi jangan sampe juga deh ye, hehehe.

Celana ga cukup – alias kebanyakan makan. Gimana yah cara menangani hal ini? Biar dikata porsi Indo kecil, tapi kalo makan molo rasanya perut juga bakalan melar kan yah? Hahahha, gua dah kebayang harus stock celana karet aja rasanya.

Yang bikin seru
Ketemu temen-temen – senengnyaaaa, udah kangen banget ketemu temen-temen, mulai dari temen sekolah, temen maen, dan mudah-mudahan temen blog juga, jadi gua ga cuma meraba-raba lewat foto doank neh, hehehe.

Yang bikin sedih
Duit terkuras – kalo gua denger cerita orang-orang yang kalo makan bisa abis raturan ribu dan jutaan, rasanya Indo tuh mahal banget yah, hehehe. Dulu gua kalo beli gorengan abang-abang masih Rp.100 sebiji, terus Rp.500 buat 6 biji. Beli toge goreng (hiks, si abang udah meninggal padahal enak banget jualannya) cuma Rp.500 sepiring, pokoknya semua dibawah Rp.1000. Nah, sekarang harganya berapa yah? Nominalnya banyak banget sekarang, sampe ribet sendiri hehehe.

Inti cerita: gua udah ga ada gambaran lagi tentang Indo seperti apa sekarang ini. Sebelum gua pergi, mal yang ada cuma: Citra Land, Mega Mall, Taman Anggrek, Pondok Indah Mall, Puri Mall (bener-bener baru buka beberapa bulan).

Channel TV saat itu: TVRI, SCTV, TPI, RCTI sama Indosiar. Itu doank yang gua inget. Kebayang ga seh itu, dah lama banget gua ga nonton sinetron – dari awalnya nonton tersanjung sampe tersandung gara-gara ketinggalan.

48 thoughts on “Ketigabelas

  1. kapan pulangnya ? jgn takut di Soetta mah biasa2 aja , ga ada apa2 nya . ga perlu pusing lwt jalur lwt aja yg bny org lewat jalur ijo !!! hahaha sapa coba yg mo lwt jalur merah ? hihihiii
    soal mkn sikat ajah smua , yg penting bawa obat anti murus2 yah .
    bny makanan enak loh . ayo pulang cepetan . heheee

    • Hahhaa pulangnya masih ga tau kapan Ven. Nti yah kalo mau mudik, gua kasih tau. Ooo gitu yah, abis temen gua cerita suka aneh2 aja. Sampe passport dibuat bingung, pake passport yang mana, hehehe. Iya nih, disuruh vaksin dan bawa obat mules, hehehhe.

      • nah kalo lu masuknya pake passport US, ntar pas lu di airport lu kudu bikin visa on arrival. gampang kok bikinnya. cuma ngantri aja. lu siapin aja duitnya dulu (cari di internet berapa fee nya). itu berlaku 30 hari.

  2. kalo skrg mah takutnya di lampu merah perempatan. banyak yg nyolong spion dan kapak merah T__T
    sekarang mall udah menjamur :)) dimana2 mal ampe bosen hahaha.
    yg tetep sih macetnya :))

  3. waahh kapan balik lin? Siapin obat sakit perut aja, abis katanya kalo org yg dah lama tinggal di luar trs pas balik indo n makan makanan indo langsung moncrot2 ๐Ÿ˜€

    Ayo cepetan balik lin, sapa tau bisa ketemuan hehehe

    • Iya nih Pi. Harus ketemuan nih, seru ngumpul2, hehehe. Nti yah kalo dah mau balik, gua kasih tau. Katanya sih gitu, bawa obat mules, hahaha. Duh mudah2an tetep bisa makan enakkkk.

      • jangan lupa travel vaccine dulu lin!
        di indo itu belum bebas tipus. jadi lu harus vaksin typhoid. trus biasanya perlu juga vaccine mmr ama dpt kalo gak salah. coba lu consult ke clinic buat travel vaccine deh. penting nih. soalnya lu udah lama gak ke indo kan.

  4. sekarang gorengan 1000-1500 sebiji, ga ada yang dibawah ceceng, motor parkir di jalanan aja ceceng hehehe… tapi kalo lu bawa dollar dari sana mah gak usah takut duit terkuras, pasti lu kaya deh disini ๐Ÿ˜›
    jakarta skarang makin macet, pasti lu kaget deh kalo liat macetnya ampun2an kaya uler melingker2, mall juga udah banyaaaak skarang, ayo pulang lin ๐Ÿ˜€

    • Hhahahha iya yah Vi? Waktu itu temen gua pulang, terus ga ada rupiah buat bayar tukang parkir, jadi dia kasih se-dollar, eh diomelin, ahahha. Duitnya dilempar, terus temen gua kaburrrrr.

  5. Hmmm berarti pas elu pergi ke sana itu, pas abis kerusuhan May ya…gile! Dah lama banget! Ayo dong balik, Indonesia skrg aman. London aja bisa kerusuhan ๐Ÿ™‚

  6. jadi kapan balik na nich ?! wakakakaka ๐Ÿ™‚
    tas dari bagasi lo liatin tuh bagian bawah kiri kana klo ada coretan kapur di hapus, bawa wet tissue, dijamin bakalan aman sih harusnya, asal pas nge-lap na jangan sampe keliatan petugas

  7. wow udah 13 th ya lin…
    udah mulai excited mau pulang ya lin… hehehe.

    di bandara ya yang penting lu bawa tissue basah handy. dan lu nungguin koper lu keluar di tempat yang strategis, yang gak terlalu keliatan ama petugas2 airport. begitu tas lu keluar, kalo ada tanda kapur nya (cek seluruh sisi, biasa ada di bawah2 gitu), langsung hapus pake tissue basah! tanda2 kapur itu yang nantinya bakal minta dibuka barangnya pas lu keluar. jadi jangan lupa dihapus.
    trus abis itu, lu bisa langsung pake jalur cepet (ini buat orang yang gak ada barang yang di declare). gak perlu pake koneksi kok. langsung masuk aja. gak usah tanya2, ntar malah dicurigai. cuek dan pede aja. ntar paling hand carry nya yang suruh masuk scanner. tapi gak suruh buka kok.

    dan gak ada salahnya siap2 uang rupiah bangsa 50rb gitu. just in case ketemu petugas rese dan buka2 tas lu, ya siap2 ngasih uang kopi aja. ๐Ÿ˜€ di indo mah gampang deh, apa2 tinggal bayar aja beres. hehehehe.

    moga2 ntar pas pulang indo gak pas banjir ya lin… kalo banjir emang paling ribet.

    eh iya, makanan emang udah mahal. gak ada lagi lin gorengan 100 perak. hahahaha. ๐Ÿ˜€

    • Hahha thanks yah Man, buat tipsnya. Penting dan perlu diinget tuh, hahaha. Gua lagi ‘memaksa’ dan ‘mencair’ temen yang bisa diajak pulang, padahal pulangnya aja masih belon tau kapan, hahaha. Jadi seengak2nya gua ga cengok sendirian, hahaha.

  8. waaah,lama banget lin…udah pasti kangennya numpuk2 tuh…

    Kapan pulang?smoga pas u pulang, gw pas ke jakarta ya. Trus bloggers gathering …sippp tuh…

    • Iya Kat, dah jamuran disini. Dari awal janji mau pulang liburan bareng temen gua yang dulu sama2 sekolah disini, sampe temen gua dah pulang, merit dan anaknya dah SD sekarang, hahaha. Eh, mudah2an pas lu dateng yah…atau kungjungan kilat, hahhaha. Tapi gua juga pengen ke surabaya sih, sapa tau aja pas lu lagi ke Jember juga, hehe.

  9. Ciee mau pulang ya lin… jadi mampir ga? Klo lewat narita jgn lupa beli kitkat berbagai rasa.
    Gila ya betah banget disana smp 13thn sama sekali ga mudik ๐Ÿ˜›
    Klo menurut aku, di bandara ikutin orang2 aja ama tanda keluar, jgn celingak celinguk trus klo ditanya jawab aja dgn ramah. Jgn pake blink2 aku sih biasa cuma tshirt ama jeans plus muka kucel ๐Ÿ˜€ soal jalur2 itu ga pernah liat, paling jg yg kena bermasalah baru dipanggil petugas. tp klo kita ga bawa yg aneh2 sih gpp. Trus memang skrg mereka ud pinter klo tau yg mau ngapus2 kapur itu, jd skrg yg dicoret label bagasinya. di coret pake spidol merah(aku kena wakakaka cm belaga bego jd lewat aja atau mgkn krn transit jd org yg didaerah jg pada ga tau).
    Trus soal apa2 diJKT mahal, iya bener sekaleee hahaha.. ngalah2in jpn aja mahalnya kadang.
    Moga2 trip kali ini mnyenangkan ya Lin ๐Ÿ˜‰

    • Ngeee….gua banyak maunya, mau ke JP, Korea, terus di Indo aja pengen jalan2 ke Bali, Jogya, Flores, Lombok, dll. Hahahha…kapan selesainya yah. Pengen nih kalo bisa mampir dan ngeborong kitkat. Disini saking mahal, gua beli 2 biji doank – 1 buat dicoba dan 1 buat disimpen, hahaha. Wah, gak asik donk kalo pake spidol merah. Tapi jadi penasaran, yang biasanya dibuka isi kopernya apaan yah?

      • mereka nyari barang2 kayak elektronik atau tas2 branded yang kira2 mahal. itu nanti harus bayar bea cukai (custom).

        jadi sebisa mungkin kalo lu ada mau bawa hp atau laptop, jangan dibawa ama kardusnya. jadi lu bisa bilang kalo itu punya lu dan emang lu pake. gitu juga kalo bawa tas branded, lebih baik lu pake aja tas nya, jangan dimasukin bagasi apalagi kalo ada kotak2 dan paper bag nya. gak usah dibawa kotak dan paper bag nya.

      • Temenku ada yg bela2in skrg klo pulang indo lewat Jpn melulu demi kitkat & cemilan jepang hahaha… di dalem erpot tu bebas tax soalnya & harganya sama persis kek di pasaran luar jpn soalnya.
        Yg di cek tu klo bawanya elektronik masih utuh didalem kardus yg disegel sama barang2 yg kayanya berharga /mahal atau yang kayanya ada kemungkinan buat dijual ๐Ÿ™‚

  10. Angel says:

    iya lama bgt lin ga pulang2. tapi emang jauh sih ya. gw aja yg deket kadang setaun sekali ato 2x doank.haha..mampir sini klo plg indo lin..

  11. meixiang says:

    lama banget ga balik2 indo tuh selama 13 th?? ga kangen ya??
    gw jg da 3 th an ga balik…kangen juga ma fam dsitu, n tentu aja ma makanannya…wkwk
    kalo ama macet n risuh2 copet siii..ga dehhh
    kalo mo pulang bilang2 ya..sp tau bisa ketemuan di indo…itu kalo gw bs pul jg..hehe

    • Iyaaa, bener2 hilang di perantauan, hahaha. Kangen banget, sampe dah ga kebayang modelnya kaya apa lagi nih. Sip deh, nti dikabar2in kalo dah mau alik yah…atau sapa tau pas gua maen kesana, hehehe.

  12. sampai sekarang juga gua selalu deg2an kalau ke-airport lin. soalnya gua banyak denger orang2 dipersulit sama imigrasi… segala barang bawaannya diminta lah… jadi agak parno gua hahaha…

  13. ๐Ÿ˜€ mungkin perlu juga menyiapkan air bersih… soalnya saya pas lama tinggal di luar balik ke indo mukaku jerawatan parah, gara2 kualitas air yg saya minum tidak sebaik pas diluar…

  14. Ayo kapan2 balik ke indo.. Mall-nya udah bertambah sepuluh kali lipat.. Dan udah semakin dikit orang ke pasar karena hypermarket sekarang sangat amat banyakkkk.. yang pasti, jalanan makin penuh! huaaahhh..

  15. Ah Boy's Mom says:

    hahhaaa… ayo cepet book tiket tuh Lin, semua udah menanti kayaknya pengen ketemuan.

    kalo pergi2 sebisa mungkin mengindar dari jam kantor jadi ga terlalu parah macetnya.

Leave a Reply

