Kakek Ngesot

Pulang kerja, seperti biasa gua naik bis dan kebetulan kali ini bisnya dateng pas gua baru keluar kantor. Mayan juga nih, gua kira bakalan ketinggalan dan harus nunggu bis berikutnya. Begitu naik bis, ternyata bangkunya rata-rata penuh. Sebenernya ada sih yang kosong, tapi pada ga mau minggir, jadinya gua berdiri di belakang. Lagian juga jaraknya emang ga jauh, koq. Terus bis-nya pun berjalan, bangku bagian depan selalu disediain buat senior (orang tua yang umurnya di atas 55 tahun) sama orang cacat, dan saat itu ada sekitar 4 orang tua duduk disana…duduknya sih nyebar. Pas bis-nya belok, tiba-tiba aja ada kakek tua (sekitar 65 tahun ke atas) ngesot dari bangkunya. Dia lagi baca koran, terus kaya keseret di bangku dan melantai. Sampe kaget semuanya dan bis-nya langsung stop. Si kakek ga bisa bangun dan harus ditolong 3 orang, terus ditanya ok ga, tapi dia ga ada respon. Mungkin masih shock kayanya, terus ditanyain mau dipanggil ambulance atau kaga, tapi dia diem aja. Jadi supir bis-nya cuma panggil kantor pusat, kasih tau ada accident di dalam. Disini, kalo pasiennya masih sadar, kita ga bisa panggil ambulance seenaknya birpun dia ga bisa jawab. Jadi harus sampe dia ngangguk-ngangguk atau ngomong (tanda setuju), baru bisa panggil 911, kecuali kalo pasien ga sadarkan diri. Terus, si kakek ditanyain namanya tapi dia diem aja. Ditanya turun bis dimana, dia diem juga.

Yang lucu, ada 1 nenek yang tolongin dia (kan di bagian depan banyak yang udah tua), semua pada ngira si nenek itu istrinya. Sampe pas ditanya yang ketiga kali, dia udah BT jadi ngomongnya kenceng banget kalo si kakek itu pergi sendiri dan dia bukan siapa-siapanya, hehehe. Akhirnya, si kakek dah bisa bersuara dikit sih, terus diminta kartu identitasnya, dan langsung dilaporin ke kantor pusat sama supir bis. Abis itu…gua turun deh, soalnya kan bis-nya masih berhenti dan ga tau berapa lama, jadi guapun jalan kaki, hehehhe. Mudah-mudahan aja si kakek ga kenapa-kenapa deh tuh. Kasian juga, udah tua terus pergi sendirian.

Supir bis disini, tepatnya Santa Monica, lebih strict dibanding supir bis daerah lainnya. Jadi kalo ada orang tua atau cacat naik bis, supir bis bakalan nunggu sampe mereka bener-bener duduk, baru deh mobilnya jalan. Pernah sekali waktu, supir bis ribut sama calon penumpang. Si calon penumpang ini ga bisa angkat kaki tinggi-tinggit, jadi dia minta supir bis pepetin bis-nya ke trotoar terus diceperin. Oh iye, bis-nya bisa diceperin terus dinaekkin, jadi buat orang tua yang pake tongkat lebih gampang naik bis. Nah, calon penumpang yang ini pake tongkat juga, tapi ga selincah orang tua lainnya. Supir bis-nya bilang kalo dia bakalan keluarin track buat naikkin kursi roda. Jadi seperti ini modelnya…

Eh, si calon penumpang ngambeq dan bilang kalo dia bisa naik sendiri asalkan bis-nya dipepet ke trotoar. Supir bis-nya kaga mau soalnya itu tanggung jawab dia, jadi kalo si calon penumpang ini jatuh, supir bis bakalan kena getahnya. Akhirnya ributlah mereka karena si calon penumpang ga mau minggir jadi supir bis ga bisa keluarin track-nya, sementara itu supir bis juga ngotot ga mau pinggirin bis. Akhirnya si calon penumpang ga jadi naik deh, hehehe. Lama juga tuh debat-debatan seperti itu.

Jadi inget kalo naik bis di Indo harus buru-buru, apalagi pas giliran mau turun bis. Wuih, harus siap-siap deket pintu dan loncat. Kalo turun bis, enaknya kaki kiri atau kaki kanan dulu yah?

27 thoughts on “Kakek Ngesot

  1. hi linda, salam kenal. selama ini silent reader blog loe. cuman mau jawab, kalo naik bis di indo, enak nya turun pake kaki kiri hehhehe. kadang kan bis nya gak bener2 berhenti tuh, cuman melambat, turun pake kaki kiri biar gak jatuh, kan ngikutin flow nya bis.

  2. heheee emang ada2 aja yah org , dikasih yg enak malah mau gaya dia sndr . emang enak naek bus di luar sana , beda banget sama di JKt or Indo .
    skrg aja g tiap ari naek busway ada aja yg bikin g kesel liat tingkah laku org di Bus , selain si sopir juga bikin kesel .
    yah turun bus sebaiknya kaki kiri dulu Lin . heheee kalau kaki kanan malah goyah . tapi tau juga yah kalao di States sana , kan beda arah setirnya . mgkn kaki kanan kalau ditmp lo heheee

    • Hahhaha gua dulu diajarin kaki kiri dulu, Ven. Makenye jadi penasaran, terus kadang suka lupa perhatiin kaki kiri atau kanan. Besok gua perhatiin ah, hahahha.

  3. di LN klo cacat masih bisa berkeliaran, banyak fasilitas yang bisa menunjang pengguna kursi roda untuk naik kereta, bus dan kemana2, ga kek di indo, jadi orang cacat naik kendaraan umum udah pasti enggak bisa lah yah 🙂

  4. paling ga tega liat orang da tua jalan sendirian, kan kasian kalo kejadian kayak yg lo ceritain itu >.< btw kalo naek bis di indo kudu kaki kiri yg turun duluan, kalo kanan sih bisa limbung soalnya kan kalo disini penumpang blom pada turun semua tp bisa nya uda jalan :))

  5. Hahaah…gw ngakak loh pas baca paragraf terakhir..di indo naek bus bingung mo kaki kiri ato kanan dl hehehe.. Iyah banget! Kadang masi mikir aja itu bus da jalan lagi..:)

  6. hahahahhahaha…….kakek ngesot…..uda kayak film suster ngesot ajeee :)). Emang pas kenceng yah da bis nya? cuma kayaknya bus2 di sini sekenceng2nya ga bakal kayak di indo ye da.

  7. Elisa says:

    Kaki kiri, Lin. Gua jaman kuliah suka ngebus jadi hafal kondekturnya teriak, :”kaki kiri..kaki kiri!”. Waktu gua di RSCM pernah lihat ada beberapa kasus orang tua yang jatuh dari bus dam fraktur pelvis akibat terjengkang krn busnya gak mau berhenti total:( Ada juga yang ditabrak motor dari belakang krn disuruh trn di tengah jalan.

    Td sepintas gua baca judul elo, gua kok asosiasinya ke salah satu film horor gitu haha.. saking bioskop di sini pada lagi mode sekarang:P

    • Serem amat, itu bis kaga mau brenti total. Tapi bis Indo kacao2 yah. Waktu gua naik bis dulu juga gitu, supir bisnya cepet banget brentinya. Kaya ga rela stop, hehhehe. Iyaaaa, mirip2 judul pelem, hahahha.

  8. di indonesia mah sopir bis ugal2an semua ya :(( baru naikin kaki sebelah aza sudah jalan tuh bis… turun juga gitu :(( turun musti kaki kiri dulu lin… kalau kaki kanan bisa jatuh :((

    kasihan si kakek shock x yach…

  9. kasian bener itu kakek2 ya.. saking shocknya sampe tak bisa berkata2.. kalo disini gak ada kakek2 renta yang naek bis, blom sampe naek bisnya udah jalan kaki hahaha..
    kalo turun kaki kiri dulu 😉

  10. Ah Boy's Mom says:

    ya ampun seru aja baca yg penumpang ga mau naik gara2 ngotot2an sm supir bus nya. bikin gregetan kan org2 yg di dlm bus jadinya nungguin lama.

    semoga si kakek ngesot baik2 aja.

  11. Ya ampunnn…pasti tuh kakek shock banget. Mana ga ada yang temenin lagi.

    Dulu waktu SMA, gue pertama kali naik bus..bareng temen gue. Saking temen gue tau gue ga pernah naik bus, sepanjang jalan dia selalu ingetin gue berulang-ulang, kalo turun harus pake kaki kiri. Akhirnya sampe wkatu itu gue jadi jago kalo naik bus. Tapi sejak jam tangan temen gue di todong sama seseorang yang ga keliatan mukanya (ga berani nengok, abis tangannya ada silet yang di tancepin ke tangan temen gue), gue ama temen gue trauma deh naik bus lagi. Indo gitu lohhhh…copet ada dimana2

Leave a Reply

