Meet Me in San Francisco

“Only in San Francisco” udah jadi hal yang umum buat orang-orang disini. Yeap, rasanya cuma bisa di SF keliling kota dalam waktu 1 hari. Weekend kemaren, gua balik ke SF setelah 5 bulan ga dateng (biasanya hampir tiap bulan). Harga tiket mahal banget sekarang. Masa yah belinya 5 minggu sebelumnya tapi harganya masih $180-an, padahal biasanya kalo beli 3 minggu sebelumnya masih $150. Kali ini gua bela-belain dateng karena sepupu gua kebetulan dateng dari HK. Dah lama banget ga ketemu dia, mungkin sekitar uhmmm…20 tahun? Hahhaha, mukanya aja dah lupa, tapi thanks to FB dan mama gua tentunya! Kalo kaga, bisa seperti orang buta cari orang buta pas jemput di airport.

Kedatangan dia mepet banget, cuma 2 hari karena dia abis ada meeting di Seattle, jadi sekalian dateng deh. Sabtu pagi dia sampe di SF Airport, dan kita (gua, cici dan mama gua) muter-muter jemput dia dan temennya di airport. Masalahnya dia ga ada no telp US, terus pas telp kita, dia cuma kasih tau kalo dia ada di gate 1. Kita, yang emang telat jemput (hihihi), langsung ke gate 1 dan cari-cari di arrival domestic tapi ga ada gate 1, mulainya dari gate 5. Aneh yah? Sampe 3 kali muterin, akhirnya kita mutusin buat naik ke departure, terus akhirnya ketemu deh tuh setelah kita muter-muter 5 kali. Itupun juga di terminal yang beda, emang antik itu airport, hahahha. Abis itu langsung diboyong makan di IHOP (International House of Pancake) karena baru jam 9 dan cuma itu yang buka.

Abis dari sana, mulai deh kita jalan-jalan. Pertama, mampir ke City Hall, sesuai dengan permintaan mereka. City Hall ini tempat kerjanya bapak walikota, tempat buat tanda tangan surat nikah (catatan sipil). City Hall ini terkenal sekali, dibangun tahun 1915 dan jadi bangunan City Hall kedua. Bangunan yang pertama (dibangun tahun 1899) hancur waktu gempa bumi tahun 1906.

Yang terkenal dari bangunan ini di bagian bawahnya ada rodanya. Jadi kalo gempa, tinggal digeret aja. Terus, bagian atasnya ada rotunda yang nyimpen sebagian barang pusaka. City Hall ini nomor 5 paling besar di dunia dan beratnya 7900 ton. Sabtu kemaren, di depan City Hall lagi pada nonton women’s soccer. Mirip layar tancep deh soalnya nontonnya pake layar besar.

Di seberang City Hall ini ada Asian Art Museum dan sekarang ini mereka lagi promosi tentang BALI.

Dari sana, kita langsung lanjut ke China Town. China Town SF ini paling besar di US, dan emang besar banget. Ada dagangan souvenir, restoran, sekolah Chinese, sampe pasar basah yang jual ikan dan daging. China Town ini letaknya bersebelahan sama Italian Town dan downtown (shopping dan financial district). Tapi, sejak Chinese hijrah ke Amrik, mereka mendominasi daerah Italian Town. Jadinya Italian Town menyempit dan China Town luas banget.

Kalo ini, tempat jualan egg tart (tanta) paling terkenal di SF. Rasanya emang luar biasa enak dan gua belon ketemu yang lebih enak dari itu. Dasarnya gua emang pecinta custard, jadi tiap ada yang jual egg tart, gua pasti beli, hehehhe. Saking larisnya, kalo beli cuma boleh 6 biji per orang. Tapi untung sekarang udah boleh 1 lusin per orang. Mungkin ovennya dah tambah kali yah. Nah, itu orang-orang pada antri buat masuk ke dalem, padahal di dalem ga ada meja buat duduk lho. Cuma beli terus keluar, itupun pilihan makanannya ga banyak. Cuma 2 lemari kaca doank.

Lain lagi sama Golden Gate, Sam Wo ini tempat mangkal makan orang Indo. Jualannya mie ayam yang murah meriah. 3 tahun yang lalu gua sempet beli, harganya masih $3 buat 1 mangkok dan isinya banyak. Tapiiiii, micinnya juga segambreng. Asli, langsung pusing abis makan ini. Tempatnya kecil dan bener-bener kampung. Kalo makan harus naik ke lantai 2, itupun lewat tangga kayu yang biasa dipake di toko-toko kuno di Indo. Mejanya model meja di warung pinggir jalan Indo. Bener-bener imut deh, terus si enci yang jualan galak kalo ke ceweq. Bisa sewot kalo dimintain extra sumpit atau air, hehehe. Tapi kalo ke cowoq, tentu manis donk.Selesai China Town, kita lanjut ke Lombard Street. Jalanan berbelok-belok ini letaknya di Russian Hill dan paling bagus pas Spring/Summer karena bunganya pada mekar. Rumah disana harganya ga terkira mahalnya.

Di deket sana ada SF Art Institute…yang gua baru tau, hehehe. Berhubung gua ga dapet parkir (karena rame banget disana), akhirnya gua mampir aja kesini sambil nunggu yang lain selesai liat-liat dan foto-foto. Di dalemnya ada banyak galeri, ruangan melukis, dll. Terus ada beberapa lukisan dipajang di temboknya.

Uniknya SF adalah jalanannya yang naik turun dan gua dah lama banget ga nyetir di jalanan model gitu. Yang ada, kaki gua asli lemes pas nanjak sampe ke puncak yang paling tinggi, terus turun ke bawahnya. Apalagi parkirannya juga model miring-miring gitu. Yang ada tiap kali nanjak, gua juga ikutan tahan napas, hahahha.

Selesai jalan-jalan kesana, akhirnya lanjut ke Fisherman’s Wharf aka Pier 39. Ini tempat favorite gua di SF. Ga pernah gua bosen kesini, apalagi kalo ada sea lion. Cuma sayang, karena lagi Summer, jadi sea lionnya pada pindah. Nti deket-deket Fall, mereka biasanya balik lagi deh. Ada banyak toko-toko kecil disini, dari toko coklat, permen, magnet, baju-baju (tapi rada mahal), dan tentunya restoran, hahaha. Di pier ini, kita juga bisa ikutan tour ke Alcatraz, keililing Bay Area (lewat kolong jembat Golden Gate bridge, Bay Bridge), makan di kapal, ataupun cruising.

Kebetulan kemaren ada Farmer’s Market, jadi gua mampir bentar. Aighhh mahal aje belanja disini, untung belinya dikit, hehehe. Tapi harganya beneran selangit. Masa beli strawberry 6 biji, chocolate dip yang kecil, sama fig 3 biji harganya $16.

Kemaren pertama kalinya gua cobain buah fig ini. Rasanya tawar dan agak-agak lembek gitu. Ada yang pernah cobain ga?Puas jalan-jalan di Pier, kita lanjut ke Marina. Marina ini daerah orang kaya karena letaknya menghadap ke Golden Gate Bridge. Biasa paling bagus pas 4th of July karena banyak kembang api. Rumah-rumahnya emang keren banget disini. Kita mampir ke tamannya buat foto-foto dan banyak kapal yang diparkir disana, sementara rumah si empunya kapal ada di sebrang jalan.

Di deket sana, ada Palace of Fine Arts yang dibangun tahun 1915 buat Panama-Pacific International Exposition. Kadang dipake buat theater, konser, tapi seringnya buat foto-foto pre-wed dan wedding.

Puas jalan-jalan, kita lanjut dinner. Kali ini menunya Mexican cuisine di El Torito. Gua pesen fajitas yang mayan enak juga.

Masih banyak tempat yang harus dipergiin di SF. Masih ada Twin Peaks, Sausalito, Golden Gate Park, Tiburon, Coit Tower dan masih banyak tempat bagus lainnya. Tapi mayan kan tuh, dalam sehari (12 jam) kita bisa ngebut segitu banyak tempat, hehehhe.

Besoknya, pas sampe LA dan lagi jalan pulang, tiba-tiba polisi lewat dan tutup jalanan. Ternyata oh ternyata, William sama Kate mau pulang ke UK. Ah sayang sekali ga sempet ketemu mereka *norak dah*, hahahha.

Yang terakhir… Sabtu kemaren temen gua melahirkan anak pertama, terus temen gua juga ngeh kalo dia hamil. Begitu juga gua, dapet kabar kalo Oma gua meninggal. Rada kaget juga gua, padahal dah rencana mau balik Indo buat ketemuan pas surat-surat gua dah kelar. Tapi apa daya, dia dah keburu ga ada. Yah, faktor umur juga yah karena dia dah 86 tahun.

26 thoughts on “Meet Me in San Francisco

  1. ya ampun itu telor mata sapi di pancake nya =P~~~~~
    china town nya bener2 cina yah kayak di hongkong hehehe.. duh kapan ya bisa jalan2 kesana ;D

    eh iya turut berduka cita ya linn…

  2. Hehehehe… I Love San Fransisco. Udaranya enak…panas ga terlalu panas, dingin ga terlalu dingin, pokoknya manteb deh. Udah gitu ga serame dan sepusing di LA.

  3. lin, itu citi hall nya beneran ada rodanya? gimana cara mindahinnya secara buildingnya segede gitu? hihihihi. kalo ada gempa juga gak keburu didorong kali ya… 😛
    tapi bagus ya buildingnya… gua belum pernah ke sono…

    btw, once again, thank you ya udah bawain koper nya… dianterin pula ke rumah.. thanks a lot!!! 🙂

    • Iya Man, gua juga ga tau sebesar apa tuh roda soalnya kan gedungnya berat banget, hehehhe. Citi Hall bagus, tapi banyak homeless, ahhaha. No problemoooo (soal koper)….

  4. emang bagus ya sf, ternyata kotanya cantik gitu, gua kira knapa lu bilang sf lebih bagus dari la, padahal la kan banyak artis hehe..
    temen gua ada lo yang di sf, gua berhayal aja gua someday ada rejeki bisa ke sana dan makan egg tart itu hahaha.. dasar tukang makan yang gua bayangin egg tart 😛

    • Hahhahha ayo Vi, honeymoon kesini. Banyak tempat makan enak, eh tapi kalo resto sih banyakan di LA kalo mau yang enak2 soalnya artis2 kan banyak makan yang mahal2, hehehhe.

    • Nah itu juga yang jadi pertanyaan gua….rodanya seberat apa yah? Hhahahha, tapi katanya sih gitu soalnya semua surat2 disimpen disana, jadi ga usah ribet kalo pindah2in, hehehe.

  5. Wah ternyata SF keren2 yak tempatnya,, jadi pingin kesana >.<

    Tapi unik bener bangunan yang ada rodanya tuh, apa gak goyang2 didalamnya? *norak habis* hehehehe

    • Hahahhaha kaga koq, stabil2 aja katanya. Dalemnya bagus banget, biasa dipake buat foto wedding juga kalo abis tanda tangan catatan sipil soalnya ada tangga yang elegant, terus ada rotunda di atasnya. Cuma sayang, kemaren ini dikunci, hehehe.

  6. Sani says:

    SF, seneng yah disana, gw baru dr sana April lalu, sempet naik sepeda lewat bridge terus turun di sausolito balik pake ferry ke pier. Makanan di chinatown murah bener gua nemu tmpt yum cha guedeee bener spt hall gitu, kasirnya (yg punya kayaknya sih) nenek yg dikelilingi duit orang2 pada bayar nama tmpt nya new asia (pacific ave kalu ngak salah). Turut berduka cita yah atas meninggalnya nenek elu.

    • Wah, jalan2 ke SF yah? Asik yah, hehehe. Mustinya bilang2, kali2 aja bisa ketemuan, heheheh. Dulu gua juga pernah naik sepeda lewatin GG Bridge, abis itu baliknya naik ferry…gempor boooo, hahahah. Thanks yah, San.

  7. daaaaaa…….pas thanksgiving ketemuan yuk di SF…..elo thanksgiving dimane da? SF yukkkk :). Rencananya si T mo nyewa mobil nih, jadi kita bisa kliling2. Aduhhh gue mo deh ke sausalito, temen gue juga bilang di sausalito ada tempat makan pizza yang ngadep ke laut (kalo ga salah sih…hahaha). Aku kangennnn ama SF. Itu poto2 yang lu poto roti, gue juga ada tuh poto rotinya daaaa….hahahaha 2 kali ke SF, ga pernah engga moto tuh roti sama logo SF yang gede itu huehehe.

    • Wah Bel, gua kalo thanksgiving cuma ngejogrok di sini doank soalnya family gua pada retreat kalo thanksgiving, jadi daku ga ada tempat nginep, hahhahaa. Ayo main2 kesini aja gimana? *wink wink*

  8. Baru sempet mampir….
    Aku mauuuuu kesana Lin, keknya seru 😀 City Hall bisa didorong2 ngga kebayang deh. Di Jpn aja ga sampe segitunya hahaha.
    Oh ya… turut berduka ya Lin, semoga sekeluarga diberi ketabahan.

Leave a Reply

