Dia Baik

Ahhh…balik lagi ke cerita soal kerjaan dan boss gua yang unik, hihih. Sebenernya gua bukan complain, tapi kadang lucu aja kalo mengingat boss gua. Kalo dibilang gua BT, yah kadang cuma BT pas abis diomelin doank karena sering kali itu salahnya dia tapi dia ga mau ngaku, walopun gua juga kadang buat salah dan dipaksa ngaku, hahaha. Cuma yah namanya juga kerja, pasti ada suka dukanya donk. Tapi mungkin juga gua udah kebal gara-gara sering diomelin sama boss gua yang antik itu. Boss gua kadang sebenernya suka ‘culun’, hahahha. Kaya misalnya, pernah dia panik gara-gara lampu di printer warna tiba-tiba kedap kedip. Dia takut rusak soalnya itu mesin baru dan warnanya paling mendekati pantone color, jadi khusus dibeli buat department kita buat proof pas printing, dan harganya sekitar $7,000-an (baru dibeli Desember 2010). Makanya dia kelabakan, pas dia lagi pake dan lampunya nyala. Terus, dia suruh gua check itu mesin, aneh juga…kenapa ga minta IT yah? Hahahha, tapi gua jadi ngakak sendiri pas liat itu mesin soalnya dia dah uring-uringan, padahal itu mesinnya kedap kedip gara-gara kertas abis. Cape dehhhhh, hahahhahha.

Ada juga kejadian, dia jadi cranky karena printernya (printer pribadi) ga nge-print warna, terus dia manggil gua lagi dan tanya kenapa bisa gitu. Di kantor gua, emang sengaja dibuat auto default hitam putih buat print, jadi ga abisin tinta. Tapi yang bikin gua ngakak lagi kali ini…dia nge-print-nya hitam putih. Sampe tua juga ga bakalan jadi warna, hahahhah.

Lucu lah boss gua itu, tapi biar gitu, gua angkat topi juga lho. Biarpun ga sedikit yang suka ‘jelek-jelek’-in dia, tapi buat gua dia mayan smart. Biarpun banyak yang sebel dan benci sama dia (sampe nama dia terkenal di luar kantor), tapi dia tetep tegar lho, jadi terbukti hebat kan tuh. Terus, emang sih dia ngaku kalo urusan teknikal, dia payah banget; tapi otak marketing mah mayan jalan. Jadi gua sebenernya tuh banyak belajar juga dari dia, selain belajar kesabaran dan tabah terhadap situasi, heheheh.

Yah, keadaan yang bikin BT kadang-kadang jadi semangat buat gua untuk cari kerja baru, tapi yang namanya cari kerja tuh ga gampang saat-saat ini, apalagi gua carinya ga giat karena gua juga cari yang bener-bener gua mau dan posisi itu jarang, sampe akhirnya tiba-tiba ada 1 company telp gua. Wuih, gua dah hepi aja tuh pas recruiter-nya bilang kalo CMO (Chief of Marketing) mau phone interview gua besok. Langsunglah gua pelajarin semuanya, dan tentunya berharap pas dia telp, boss gua ga nyari-nyari gua soalnya gua telp-nya diem-diem, sambil ngumpet di…marketing closet, hahahha. Tadinya mau ke basement, tapi disana suka banyak orang lewat, terus kalo di patio juga takut berisik. Kan gua mau cari suasana yang gampang buat ngumpet juga, jadi gua alesan aja ke temen gua kalo gua bakalan disana dan kebetulan boss gua ada conference call. Phew, akhirnya itu interview selesai juga setelah 20 menitan. Jujurnya gua dah ga berharap banyak soalnya pertanyaannya susah. Terus, waktu gua baca profile dia, gua jadi tambah minder karena dia lulusan Wharton (untuk bidang dia, Wharton itu sekolah no 1 di Amerika), terus team-nya juga lulusan Carnegie Mellon (no 23 di Amerika), sedangkan sekolah gua…udahlah, ga usah dibahas, hahahhaa. Yah, gua pikir iseng-iseng deh buat latihan lagian juga baru kali ini gua interview lagi setelah 3 tahunan lebih dikit.

Eh, ga disangka-sangka, gua dipanggil buat in-person interview. Waktu itu ditelponin Selasa dan dijadwalin buat Jumat, wah antara deg-degan dan seneng, sampe gua senewen tingkat tinggi. Ditambah gua yang kurang PD karena boss gua suka bilang ke temen kerja gua kalo gua ini ‘kurang’ berpotensi atau kalimat negatif gitu deh (yang tentunya diomongin pas wakt temen gua itu jadi favorit dia). Akibatnyapun berbuntut fatal, karena gua jadi makan molo dan ngoceh kalo liat ada yang kotor dikit, seperti grumpy old lady, hahahha. Terus, gua belajarin deh tuh bahan-bahan interview, dan ga lupa minta ijin cuti pas Jumat. Kebetulan juga disini lagi long-weekend (Seninnya libur), jadi boss gua ga curiga kalo gua minta ijin kerja, dikiranya gua emang mau liburan doank.

Pas interview, gua udah hopeless dan dan cuma bisa berharap sama Tuhan. Yang penting gua udah belajar, udah usaha kasih yang terbaik, dan sisanya urusan Tuhan. Interview pertama sama Direktur HRD, ditanya detail banget dari tiap posisi dan kerjaan yang dulu-dulu, sampe akhirnya dia bilang kalo kerjanya rasanya kurang cocok sama gua karena mereka baru aja ganti posisi. Jadi, waktu mereka terima karyawan sebelumnya (yang nempatin posisi yang gua mau), itu karyawan ga ada pengalaman di bidang itu, dan karena si karyawan itu dah keluar, mereka akhirnya ganti sistim kerjanya di kantor biar lebih menantang ceritanya. Yah, dah kepalang tanggung, akhirnya si HRD itu bilang kalo gua bakalan di-interpiu sama orang berikutnya yaitu Direktur Marketing, tapi kita liat aja…kalo emang gua ga cocok, yah kita stop aja sampe disini. Yah, dah mulai lemes dah gua…

Akhirnya dipanggil deh tuh direktur, dan interpiu gini gono, dan berbuntut berbuntut interpiu stop disitu…dengan arti kata, gua ga dapet kerjaannya. Yah mumpung gua dah disana, gua minta ketemuan sama CMO-nya (yang interpiu gua di telp), kan biar sekalian kenalan dan bilang thank you secara formal (biasanya cuma lewat email doank). Terus, gua dikenalin, dan akhirnya gua pulang dengan perasaan lemas, sedih… Gua sampe ga bisa ngomong apa-apa lho, tapi gua tetep bersyukur bisa dikasih kesempatan ini walopun jadi mikir…dugh gua ambil cuti hari ini, berarti gaji gua kan berkurang, hahahhaha (pedittttt). Sepanjang jalan, gua coba mengingat-ingat omongan si HRD. Entah kenapa, dia baik banget sama gua. Dia suruh gua buat mikirin bener-bener apa yang gua mau karena dengan karir yang gua pilih (posisi yang gua mau), karir gua ga akan menanjak. Paling mentok di 2 tahun dengan kenaikan gaji 150% dan abis itu stabil disana, tapi dengan latar belakang yang gua punya, dia bisa ngeliat karir gua dengan kenaikan gaji 300% dalam waktu 5 tahun (dan bersyukurlah kepada boss gua yang selalu maksa gua untuk urusin ini dan itu, karena dengan itu gua jadi belajar banyak, hahahhaha). Terus, itu HRD juga kasih tau website-website yang bagus buat cari kerja. Gua jadi mayan terhibur, koq HRD ini niat banget bantu gua. Padahal kan biasanya cuma interpiu doank, abis itu terserah anda….

Pulang dari interpiu, seperti biasa gua kirim thank you email, biarpun dah ditolak juga, hahaha. Email-nya cuma berbasa-basi, dan yah minta saran atau kritik yang bisa gua pake buat interpiu selanjutnya. Gua juga ga berharap mereka bakalan email gua balik karena kebanyakan juga ga pernah email balik, tapi gua bener-bener kaget pas dapet balesannya….

Thank you, Linda.  It was great to meet you too and I can’t remember the last time Matt and I were so sad to have to say good bye to a candidate.  I am usually chock full of advice but your resume and your interviewing skills are great.  You impressed us all.  We just knew this job was changing so ultimately wouldn’t be what you are looking for.
Feel free to stay in touch.  We wish you the best of luck in finding the job you are looking for.

Director of HR

Thank you Linda for interviewing. I am sorry that it was not exactly the right fit, but I appreciate your willingness to speak with us. My feedback on your interview performance is that you did fine, your interests just did not line up exactly with what we were looking for in this role.
The best way to stay connected is for you to send me an invitation on XYZ.  My address is abc@XYZ.com

CMO

Wow! Asli, gua jadi tambah bersyukur lho, seenggak-enggaknya masih ada orang di luar sana yang ngeliat gua ber-potensi, cuma sayangnya gua ga dapet karena mereka takut gua bosen, hahaha soalnya kerjanya bakalan banyak database… dan emang nge-bosenin, hahahha. Tapi gua asli terharu, mereka niat banget mau bales email gua gitu, apalagi mereka kan sibuk dan buat gua itu luar biasa sekali…dan sekali lagi, thank you buat boss gua yang antik dan unik, hahaha. Kalo ga ada dia, gua ga bisa belajar bidang-bidang lain di marketing…soalnya kan kalo ada yang berhenti, otomatis kita gotong royong buat pelajarin program itu dan selama ini udah ada 16 orang yang berhenti, hahahha. Kebayang donk, berapa banyak ilmu yang udah diserap.

Tentang company yang gua interpiu, itu company kecil, cuma sekitar 100-200 orang, tapi CEO-nya orang Indo lho…dan ceweq! Hebat yah, apalagi ini technology company dan produknya dah dipake worldwide! Makanya gua nepsong kerja disini, tapi sayang…belum jodoh, ahhahaha.

Tambahan: ternyata cari kerja emang ga gampang. Kalo underqualified, udah pasti ga dapet, tapi kalo overqualified…yah ga dapet juga. Kerja apa donk enaknyaaaa…..

16 thoughts on “Dia Baik

  1. wah kayaknya orang2 yang nginterview lu bener2 nice ya..
    jangan dianggep sia2 cutinya lin. at least lu jadi networking kan. apalagi kalo ngeliat mereka sangat appreciate lu gitu, gua yakin mereka masih keep you in their minds. dan kalo ntar ada position lagi, pasti mereka bisa manggil lu lagi…. ya gak… 🙂

  2. Sani says:

    Hallo Linda salam kenal. Seru juga bacain cerita elu ttg si “dia” yg bikin bt tapi pinter yah boleh juga buat belajar bnyk, kalu dia ngomel2 anggep angin aja…hehehe kalu bisa. Good luck for searching new job…tapi kalu pindah ntar elu rindu si “dia” lagi.

    • Hallo San, hahaha sampe ketawa2 sendiri baca komen lu. Gua juga suka godain temen2 gua yang udah keluar, supaya mereka ‘kangen’, hahahhaa. Mungkin nti gua seperti itu kali yah, hihihih.

  3. Menentukan pindah-ga pindah itu dilema ya :)) Gw jga susah nih :p
    Baik banget tuh yg interview masih mau keep in touch. biasanya kan jarang yg begitu 😛
    sukses ya cari tempat kerja barunya 😀

  4. Iya yah da benernya dapet bos yg suka nyuruh2 kita ngerjain kerjaan yang bukan bagian kita itu bikin kita blajar banyak. Meski kesel tapi ada gunanya yah.
    Btw, kok elo cuti, gaji lo berkurang da? emang cuti ga termasuk benefit kah di sini? bukannya cuti itu masih dapet byr an yah? beda kali yah ama di indo?
    Gpp da, tetep cari lagi kerjaan laen, pasti nti ada yang nyantol deh 🙂

    • Masuk benefit koq Bel, masih dibayar juga. Tapi gua lagi irit cuti buat jalan2, hahaha. Makanya pedit banget kalo urusan itu. Terus kalo dah keluar dari perusahaan itu, jatah cutinya kan jadi cash, hehehhe. Thanks yah say.

  5. Ahhhhh
    Nice banget orang orang yang interview lu itu.
    Disini jarang banget loh yang kayak gitu, they don’t even bother to give u the kind words 😦

  6. emailnya menyenangkan banget ya dibaca, kalo gua jadi lu gua juga seneng lin, walaupun gak dapet jobnya, tapi mereka menilai lu bagus. jadi lu gak usah sedih kali2 nanti ada job yang laen mereka panggil lu lagi 🙂
    emang kalo cuti potong gaji ya? bukannya setaon tuh boleh 12 hari cuti?

    • Iya Vi, makanya jadi hepi lagi, hehehhe. Kalo cuti sebenernya ga dipotong karena dibayar juga, cuma gua lagi irit2 jatah cuti buat liburan, hehehe. Gua setahun dapet 18 hari, terus kan bisa ditabung buat tahun berikutnya. Jadi dah ada 5 mingguan sekarang, hehehhe. Mayan deh kalo jalan2.

  7. Bener ya lin, dibalik hal-hal negatip pasti ada positipnya, contohnya si boss yg suka nyuruh-nyuruh, ternyt berguna buat u juga… Meskipun kalo pas “kena”rasanya bete pasti dah sampe ubun-ubun hahahaaa…

    Wah, menyenangkan ya interviewernya, nice banget. N brarti u juga oke,lin, cuman memang bukan tempat u di sana. Omong2, gw baru tau lho kalo abis diinterviu musti kirim email say thanks ehehehehe…

    • Iyaaaa Kath, hahaha. Gua suka bercanda sama temen gua buat interview posisi boss gua, hahahha. Iyaaa, kirim thank you card udah keharusan kalo disini. Justru kalo ga kirim, langsung minus point banget.

  8. abis baca postingan lu satu ini bikin gue jadi semangat utk interview lagi setelah 6 tahun lin 🙂

    satu masukan bagus bgt tuh tulis thank you note setelah interview. kalo di indo kan abis interview ya udah hehe

    emang kadang bos nyebelin itu sebenarnya ada sisi positifnya juga. tuh mantan bos gue orangnya jg moody gitu sering ngomel2. tapi abis dia resign, gue berasa kehilangan hahaha

Leave a Reply

