Amazed Gituloh….

Tiga bulan yang lalu, creative manager di department gua berenti kerja. Alesannya simple aja, dah ga tahan kerja sama boss gua yang nyentrik ini. Jadi begitu dia dapet tawaran buat balik ke kerjaannya yang dulu, langsung dia angkat kaki tanpa pikir panjang. Sejak dia pergi, keadaan kantor jadi rada tersendat-sendat soalnya kita masih dalam proses interview. Ada sih orang yang bantuin tapi dia konsultan dan susah banget dicari karena dia ga kerja di kantor kita, tapi di kantor dia sendiri. Jadi kadang baru bales emailnya jam 9 malem yang terang aja kaga dibales sampe besok harinya. Orangnya sih creative banget dan mau ngajarin, tapi yang ga tahan yah itu tadi… suka ngilang di siang bolong pas jam kantor. Boss gua pun akhirnya ga tahan dan langsung coba cari penggantinya biarpun rencana awalnya mau pake konsultan itu sampe akhir taon. Kita emang ga coba buat langsung cari penggantinya karena mau nunggu sampe orang yang bener-bener cocok (bisa disuruh kerja sendiri tapi bolak balik kasih aba-aba) dan juga di kantor lagi sibuk banget, jadi ga sempet buat ngajarin.

Singkat cerita, tiga minggu yang lalu boss gua udah naek darah sampe ke ubun-ubun karena ini konsultan susah dicari dan bikin error molo. Akhirnya, diapun ber-gerilya buka lowongan buat posisi ini. Eh kocak lho, orang-orang arts kalo interview bajunya pada ga formal. Mereka bermodalkan portfolio dan buat cowoq-nya ga ada yang pake dasi, paling banter cuma kemeja dan jas doank. Akhirnya, boss gua sempet jatuh cinta sama 1 ceweq, terus sesuai dengan prosedur sebelonnya, kita (temen-temen 1 department) ngejalanin interview kedua sama dia. Gua sama temen gua sih kurang suka karena jawabannya terlalu dibuat-buat dan uhmmm… kurang cocok gitu buat posisi ini. Interview ketiga dilanjutin ke CAO gua yang lumayan suka sama dia. Mungkin karena faktor U juga rasanya, jadi sama-sama nyambung. Ini ce sempet kerja di beberapa company besar, salah satunya WB. Dipikir-pikir harusnya dah mantabz donk kerjanya, apalagi dia mayan lama disana. Tapi, tetep aja gua sama temen-temen bilang kaga cocok. Akhirnya kita taruhan berapa lama ini ce bakalan bertahan kerja disini. Temen gua bilang 3 bulan (soalnya ada 3 months probation), ada juga yang bilang 2.5 bulan dan gua bilang 2 bulan. Terus, temen-temen department lain juga pas ngeliat ini ce langsung bilang kalo dia ga bakalan bertahan lama, paling banter sebulan. Ga jelas kenapa, padahal mereka ga pernah ngomong sama ini ceweq.

Hari-hari pertama dia kerja, masih kita maklumin kalo kerjanya rada lama dan suka salah. Hari kedua, dia disuruh bikin signage buat birthday dan dia sempet bilang ke gua lho, “If I pay you, will you do this for me?’. Gua langsung ngacir lah, itu kan insulting banget dan bisa dilaporin ke HR (kecuali kalo dia mau bayar gua gede, hahahhaha). Alesannya dia sih simple aja, karena dia ga jago dalam arts & craft. Tapi pas hari keempat, di saat kita dah masa kritis (karena kita udah kasih deadline sampe hari ketiga tapi dia masih belon kelar juga di hari keempat), kita akhirnya semua naek darah. Sampe-sampe gua sama temen gua bertiga bantuin kerjaan dia, padahal pas interview dia bilang kalo dia ga pernah missed deadline dan kerjanya selalu rapi jali. Temen gua saking bohwat sama dia sampe ngomong sendiri, “congrats on missing your first deadline”. Hihihihi….terus kirain cuma itu doank errornya, tapi dalam sehari dia bikin salah sampe 4 kali. Alhasil, boss gua naek darah dan kitapun wanti-wanti supaya boss gua bersabar dan mau terima dia sampe minggu depan (rencananya dah mau dipecat besoknya). Akhirnya boss gua ngalah demi alesan kita…gara-gara kita mau ngeliat dia pake kostum cheerleader buat Halloween, hehehhee. Tapi, apa boleh buat…besoknya dan besoknya dan besoknya dia bikin salah dan missed deadline lagi, sampe akhirnya hari Rabu (2 hari sebelon Halloween), boss gua dah ga tahan dan manggil dia. Langsung bub-bye lah sudah. Lucunya, dia sempet-sempetnya bilang ke boss gua kalo kerjaan dia memuaskan dan kalopun kurang memuaskan, dia rela ngerjain kerjaan gua sementara gua ngerjain kerjaan dia. Boss gua tambah spaneng, langsung GOOD-BYE!

Akhirnya sekarang ini gua yang ngerjain kerjaan di bagian itu plus kerjaan bagian gua sendiri. Sibunyaaaa seamit-amit dah. Masalahnya kerjaan gua kebanyakan bagian print dan yang satunya lagi berbau-bau website, newsletter, yang berhubungan dengan coding dan jujur amat gua ga ada background sama sekali disana. Dari dulu gua emang kurang tertarik sama dunia per-web-an, biarpun booming. Dan udah berkali-kali gua wanti-wanti boss gua kalo gua kaga bisa dan ga pernah belajar sama sekali, tapi boss gua tetep aja keukeh bilang kalo gua bisa. Yah apa boleh buat, ga ada lagi yang ngerjain, jadilah kemaren gua bikin. Hari ini (Selasa) ada newsletter yang harus dikirim, dan seperti biasa…infonya baru dateng hari Senin. Manalagi Senin itu awal bulan, jadi deadline juga numpuk, terus minggu ini ada 2 event juga. Rasanya pengen banget berhentiin waktu supaya gua bisa punya waktu dan tenaga extra buat ngerjain ini semua. Apalagi gua harus kutak katik newsletter itu dulu, belajarin codingnya, ganti design-nya dan gua baru ngerjain itu jam 1 siang hari Senin. Akhirnya jam 4 gua kasih liat yang gua udah bikin sementara karena masih ada info yang kurang. Dah jelas lah boss gua komen ini ada wide space, ini harus dibenerin, ini rada miring, dll. Yah, gua juga dah tau sih pasti ngarah kesana salahnya soalnya emang gap-nya besar banget dan gua kaga bisa kutak katik. Akhirnya, gua kerjain yang lain dan pulang deh bawa laptop. Pikiran mau kerjain lagi di rumah karena gua juga masih penasaran gituh. Sampe rumah, langsung gua buka tuh laptop dan kutak katik. Uhmmm… lagi mikir kalo copy and paste gimana itungannya, eh tiba-tiba laptopnya mati…abis batere bowwww dan gua ga bawa charger karena PD aje tuh batere masih penuh pas gua bawa pulang. Doenkkkk! Hihihih…yah sutralah, yang penting kan niatnya ada, hahahha. Akhirnya gua tinggal tidur aja sambil ngebayangin lupis (lagi pengen nih), eh malah mimpi makan serabi. Ga nyambung yah, hahahha.

Bangun tidur (Selasa) dah mulai mikir lagi gimana caranya biar bisa rapi, eh terusnya juga masih ada column yang harus ditambahin pula. Ah pusing pusing, akhirnya gua cuma bisa berpasrah aja, dalam arti kata berdoa ke Tuhan biar dikasih wisdom pas ngerjain ini. Sampe kantor, langsung gua balik bertempur dan entah gimana… click sana click sini, eh langsung jadi lho. Terus gua upload deh ke server, eh dasar dung dung… masa hasil karya gua kaga ke-saved coba. Jadi gua harus kutak katik lagi dan asli…gua kan ngasal pencet sana sini doank, jadi pas disuruh ngulang yah gua kaga tau. Mulai deh tegang-tegang dikit soalnya hari ini banyak kerjaan dan telpon berisik banget, terus email juga dah numpuk yang terang aja gua cuekkin, hihihi. Terus, gua coba kutak katik lagi, aneh… di browser gua masih miring dan ada gap, tapi pas di-upload ke server semuanya keliatan perfect. Buru-buru gua kirim ke boss gua (jam 10), supaya gua bisa ngerjain yang lain sambil nunggu feedback dari dia. Ga lama dia keluar ruangan nyamperin gua, dan gua udah deg-degan aja takut hasilnya keliatan belepotan di monitor dia. Eh Puji Tuhan banget, dia dateng dengan senyum sumringah sambil bilang I love you segala, hahahaha. Inti kata semuanya di-approved cuma ada beberapa error aja kaya huruf kecil diganti huruf besar, tapi semua garisnya dll keliatan lurus. Gua sampe speechless… Terus gua iseng, buka lagi dan kutak katik lagi, tapi tetep aja itu kaga bisa sejajar letaknya. Pas buka di compie lain juga sama, tapi begitu di-upload semuanya perfect, sampe gua tanya ke temen gua yang pro di HTML; dia juga ga abis pikir padahal dah liat codingnya juga dan cuma bilang…yah yang penting end result-nya, hihihi. Gitu deh ceritanya, Puji Tuhan banget deh biarpun gua kaga ngarti sama sekali urusan gini-ginian dan cuma bermodalkan kutak katik doank, sampe akhirnya boss gua bilang… “tuh kan, gua bilang juga lu bisa. Jangan lupa yah next newsletter due-nya hari Kamis ini dan ada satu lagi minggu depan”. Gua… *senyam senyum dengan hati deg-degan lagi sambil berkomat kamit baca mantra doa lagi*.

2 thoughts on “Amazed Gituloh….

Leave a Reply

