Me vs. UPS

Seumur-umur baru kali ini gua berurusan sama UPS dan tentunya aja bikin naik darah. Gimana kaga? Barang ilang terus prosesnya lamaaaaa banget… Begini kronologi-nya.

July 13: Gua kirim barang dari LA ke SF.

July 16: Barang semestinya dah sampe. Dibilangnya sampe jam 2 siang, tapi pas dicari jam 5 sore, barang udah lenyap. Ada 2 barang yang dikirim dari orang yang berbeda, ditujukan kepada orang yang berbeda tapi alamat dan hari yang sama. Sayangnya, dua-duanya ilang begitu aja. Gua coba telp customer service tapi mereka cuma bisa bilang kalo barang udah dikirim dan mereka ga bisa track ke supirnya atau cari tau ada dimana.

July 17: Gua telp CS-nya lagi. Mereka bilang hal yang sama, tapi mereka kasih tau proses berikutnya buat claim ke Lost Package Service. Mereka bilang cuma makan waktu 8-10 hari aja sampe kita terima ganti rugi. Tentunya kekecewaan gua terpampang jelas di Twitter. Yang lebih BT-nya lagi, gua ga bisa urus barang yang ilang itu karena gua kirimnya lewat mailbox service, jadi gua harus hubungin mereka. Langsung gua telp mereka dan mereka yang bakalan urusan sama UPS.

July 18: Gua telp CS-nya lagi. Mereka buka 24 jam dan gua sering banget telp karena tiap CS ngomong hal yang berbeda. Jadi ada yang bilang biasanya supirnya turunin barang yang un-delivered sebelum mereka pulang, terus ada yang bilang kalo supir biasanya langsung pulang begitu sampe base camp, jadi mereka ga bisa cek barang yang belum dikirim. Ada juga yang bilang kadang ada supir yang bisa salah scan barang waktu anterin ke customer, jadi kita ga bisa check sampe hari besoknya lagi.

July 19: Dapet message di Twitter, dari UPS yang tanya how can I help you? Gua bales lewat DM, tapi ga pernah digubris sampe detik ini.

July 21: Gua harus catet semua barang yang hilang berikut harganya dan kirim ke mailbox service, nanti orang sana yang kasih tau ke UPS. Ini masih dalam tahap pencarian barang.

July 30: Supir UPS dateng ke alamat yang gua kirim di SF cuma buat mastiin kalo barangnya bener-bener ga diterima. *Cape dehhhh…ngapain juga gua pusing sama UPS kalo barangnya dah diterima*.

Aug 5: Rasanya UPS dah cape ga ketemuin barang gua, akhirnya baru bisa masukkin claim form. Lagi-lagi, gua harus tulis semua barang yang hilang dan harganya.

Aug 10: Dapet email dari UPS – mereka minta informasi tentang barang yang hilang, jadi bisa gambar atau weblink buat proses claim-nya.

Aug 12: Dah hampir sebulan dan gua masih urusan sama UPS yang katanya prosesnya cuma memakan 8-10 hari.

Aug 15: Gua sampe mimpi kalo itu barang diketemuin deket tong sampah. Hiks…

Aug 22: Still waiting…

Aug 27: Akhirnya baru dapet berita kalo check gua udah diterima sama orang mailbox service-nya dan mereka bakalan kirim ke gua.

Aug 30: dapet check sebesar $109.23. Lah, claim-nya gua $290 tapi koq dapet refund ga sampe 50%-nya? Langsung telp balik urusan sama mailbox service-nya. Ga masuk akal buat gua…

Sept 1: Dikasih tau sama mailbox service kalo UPS cuma kasih $100 buat refund-nya biarpun tertulis claim-nya $200-an. *Gleg* Nelen ludah saking BT-nya sama UPS. Intinya… Oh UPS, I’m so not into you….

Tentang UPS
Saking BT-nya gara-gara barang ilang, gua akhirnya baca-baca review tentang UPS. Ternyata UPS itu sering banget ilangin barang dan makan proses yang lama banget. Ada beberapa yang bilang kalo supirnya bilang barangnya dah di-delivered, tapi kenyataannya barangnya ga ada, terus ada juga supir yang nabrak trotoar depan rumah pas kirim barang tapi UPS ga mau ganti rugi. Yang lebih parahnya, ada supir UPS yang dikenal suka “main” sama istri orang, jadi pas dia anterin barang, dia sekalian nge-gombalin istri yang kebanyakan di rumah, terus korbannya udah ada beberapa. Amplop dah! Kapok sekapok-kapoknya pake UPS. Jasa kurir apa yang paling bagus sekarang ini yah?

4 thoughts on “Me vs. UPS

  1. hahhh gile kok kaco begitu yaaaa..

    kenapa gak pake usps aja lin? so far sih kita gak ada masalah sih ama usps. moga2 gak ada masalah seterusnya juga. hehehe.

    • Hehehhe…gua juga sempet kepikiran gitu sih Pit. =D Abisnya penasaran, barang koq bisa ilang, padahal seumur2 di daerah sana ga pernah keilangan lho. Terus sampe tanya ke tetangga, mereka juga dapet paket UPS di hari itu juga dan mereka juga bilang biasanya ga pernah ilang. Aneh lah…

Leave a Reply

